Friday 1 February 2013

Peralatan dan Toolset Teknik

exp.Toolset kit
Dalam proyek-proyek elektronika, tentunya kita juga sangat membutuhkan suatu peralatan atau dalam elektronika disebut dengan Toolset. Secara logika, kita tidak akan bisa merangkai dan bekerja jika saja toolset ini tidak ada. Oleh karena itu, seorang mahasiswa, atau praktisi elektronika wajib lah mempunyai toolset ini. Karena, inilah salah satu alat perang para elektronikawan dalam melaksanakan tugas dilapangan dan di proyek-proyek yang akan di lakukannya.

Ini adalah contoh toolset yang sering digunakan para teknisi elektronika


Adapun peralatan-peralatan dan bahan dasar yang minimalnya harus dimiliki oleh seorang elektronikawan adalah :
  • Solder,(Sudahlah wajib dipunya untuk alat yang satu ini)
  • Timah,(Ada solder tak ada timah,ya buat apa,,solder dan timah tidak bisa dipisahkan)
  • Multimeter,(Atau yang biasa disebut AVO meter, ini juga wajib punya)
  • Tang Potong,(Untuk memotong kabel/mengupas kabel dan juga untuk memotong kaki komponen)
  • Kabel,(Menyiapkan kabel engkel/tunggal untuk berjaga jika rangkaian membutuhkan jumper)
  • Project Board (papan percobaan),(Ada yang menyebutnya breadboard juga,papan putih yang biasa digunakan untuk mencoba suatu rangkaian terlebih dahulu sebelum di jadikan layout PCB singkatnya papan percobaan)

  • TestPen,(Dari nama sudah ketahuan,alat untuk mengetes ada atau tidaknya tegangan,biasanya digunakan untuk tegangan AC,jika untuk DC arus kecil biasanya digunakan yang namanya LOGICPROBE,atau mungkin logicprobe nama untuk lebih spesisfiknya Testpen tadi.)
  • Tang Capit,(Tang yang mempunyai ciri ujung ramping memanjang dan runcing,bisa digunakan sesuai bentuknya)
  • Sedot Timah/Atraktor,(Namanya sudah jelas,untuk membernahi kesalahan dalam menyolder)

Dengan memiliki beberapa alat Ini saja, kita sudah dapat memperbaiki sesuatu kerusakan pada peralatan elektronika kita jika kita sudah tau ilmu Elektronikanya juga. Misalnya saja, Radio, televisi, tape-recorder, dan lain-lain. Yang tentunya juga, dibutuhkan kemampuan atau pengetahuan kita untuk melakukan reparasi atau perancangan suatu alat elektronik.
Saat ini, Toolset ini banyak dijual dalam satu paket 'tas' khusus. Yang mana, tas itu berisi toolset dasar yang harus kita miliki. Seperti gambar dibawah ini:


Biasanya, seorang teknisi elekronika akan selalu membawa tas kecil yang berisi peralatan ini jika akan melakukan reparasi alat elektronika. Toolset adalah senjata elektronikawan dalam melakukan segala aktivitas elektronikanya. Tentunya sangat janggal jika seorang teknisi elektronika tidak mempunyai toolset ini. Karena, ilmu yang telah ada dalam dirinya tidak akan dapat digunakan, jika peralatan ini tidak ada. Dan juga sebaliknya, toolset ini tidak akan berguna, jika ilmu pengetahuannya tidak ada. Jadi harus saling timbal balik alias saling mendukung antar keduanya.

0 Komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Teknik Edukasi Informasi - Posts · Comments
· DMCA.com
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger